Seminar Nasional Varva HITAM 2020

SEMINAR NASIONAL VARVA HITAM 2020 


Sabtu, 31 Oktober 2020 – Seminar Nasional Varva HITAM merupakan salah satu acara yang rutin dilakukan setiap tahun oleh prodi Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam rangka memperingati hari jadi Himpunan Tambang UIN (HITAM UIN). Dimana pada acara seminar nasional Varva HITAM tahun 2020 dilaksanakan untuk memperingati hari jadi HITAM UIN yang ke-4 dengan tema “Komorebi” yang mempunyai makna dengan harapan bahwa akan ada cahaya yang dapat membawa Indonesia ke masa depan yang lebih cerah, mengingat di Indonesia sendiri sedang dilanda wabah Covid-19 yang menyebabkan dampak yang cukup bagi hampir seluruh sektor, terutama sektor kesehatan dan ekonomi, serta pada sektor pendidikan. Acara ini bertujuan untuk menambah serta memperluas wawasan baik mahasiswa maupun masyarakat umum mengenai industri pertambangan.

Acara Seminar Nasional Varva HITAM tahun ini yang telah dilaksanakan secara online pada Sabtu, 31 Oktober 2020 dengan mengusung tema “Optimalisasi Pit Limit Batubara dan Emas”. Sesuai dengan temanya, materi yang akan disampaikan pada acara tersebut mengangkat dua topik pembahasan, yaitu mengenai optimalisasi pit limit batubara yang disampaikan oleh Bapak Dwi Prasetya, BEng (Mining), MAusIMM  selaku CPI-PERHAPI dan optimalisasi pit limit emas yang disampaikan oleh Bapak Ir. Sena Indra Wiraguna, M.Eng., MBA, IPM selaku Surface Mine Engineer PT Freeport Indonesia. Acara berlangsung dengan lancar, dihadiri oleh lebih 200 peserta dari berbagai macam profesi, baik mahasiswa berbagai jurusan dan universitas di Indonesia, dosen, hingga praktisi dan konsultan berbagai perusahaan pertambangan. Adapun rangkaian dari acara tersebut, yakni pembukaan oleh MC, pembacaan ayat suci Al’Qur’an dan tilawah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan-sambutan dan dilanjutkan pembukaan acara oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan masuk pada acara inti. 




Acara inti dibuka oleh moderator, yaitu Bapak Dzaki Gunawan, S.T., kemudian pemaparan materi mengenai optimalisasi pit limit batubara sekaligus sesi tanya jawab, lalu dilanjutkan pemaparan materi selanjutnya mengenai optimalisasi pit limit emas sekaligus sesi tanya jawab, dan kesimpulan oleh moderator, serta pemberian plaktat dan sertifikat secara simbolis yang dilakukan oleh ketua acara kepada ketua HITAM UIN. Setelah acara inti selesai, acara dilanjut dengan penampilan video persembahan untuk memperingati hari jadi HITAM UIN yang ke-4 dari HITAM UIN dan himpunan mahasiswa Teknik Pertambangan lainnya, dan doa penutup, serta sesi foto bersama sebagai penutup dari rangkaian acara Seminar Nasional Varva HITAM.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar