Workshop Varva HITAM 2020

WORKSHOP MINE PLAN DESIGN & GEOTEKNIK – VARVA HITAM 2020

Pada hari Selasa sampai dengan hari Jum’at tepatnya pada tanggal 6 – 9 Oktober 2020 telah diadakan acara Workshop dengan tema “Optimasi Nilai Faktor Keamanan pada Lereng Material Tanah dan Batuan serta Perancangan Tambang Terbuka dan Estimasi Volume Batubara dalam Penentuan Stripping Ratio” dengan menggunakan Software Surpac untuk Mine Plan Design kemudian menggunakan software Slide 6.009, Phase2, Dips, dan Autocad untuk Geoteknik . Pemateri pada acara Workshop ini adalah Bapak Ahmad Fauzan Haryono, M.T selaku dosen Teknik Pertambangan UIN Jakarta, Rendy Adrista Farrand S.T selaku Alumni Prodi Teknik Pertambangan, dan Muhammad Zulfikar Rachmansyah selaku mahasiswa Teknik Pertambangan angkatan 2016. Acara workshop ini merupakan acara keempat dari “Varva Hitam” yang diadakan untuk merayakan hari jadi Himpunan Tambang. Peserta pada acara workshop kali ini adalah seluruh mahasiswa/i serta alumni Himpunan Tambang UIN Jakarta yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa/i cara pengaplikasian dari Software Surpac, Slide 6.009, Phase2, Dips, dan Autocad. Acara ini dilakukan secara Online melalui media Zoom Meeting. Dresscode yang digunakan oleh panitia dan peserta Workshop adalah Batik. Acara Varva Hitam tahun ini mengusung tema “Komorebi”. Komorebi sendiri berasal dari bahasa jepang yang menggambarkan keadaan saat dimana cahaya matahari yang menembus melalui sela-sela dedaunan. Komorebi ini menjadi suatu harapan bagi kita semua dimana saat ini kondisi pendidikan diIndonesia dalam keadaan yang kurang kondusif sehingga kami berharap bahwa kedepannya akan ada cahaya yang dapat membawa kami ke masa depan yang lebih cerah.

Hari pertama acara dimulai pada pukul 08.00 s/d 16.00 WIB dengan pembukaan oleh MC lalu Doa Pembuka, Pembacaan Ayat Suci serta menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Acara selanjutnya yaitu sambutan – sambutan, sambutan yang pertama oleh Algifar Fadil Putra Darma selaku ketua pada acara workshop, dilanjut dengan Bapak Dr. Ambran Hartono, M. Si selaku ketua prodi Teknik Pertambangan, dan sambutan yang terakhir oleh Ibu Dr. Fahma Wijayanti, M. Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sekaligus membuka acara pada Workshop kali ini. Setelah sambutan dilanjutkan dengan pembacaan CV Pemateri kemudian ada sedikit pendahuluan yang diberikan oleh Pemateri, setelah itu acara Demo Software Surpac dimulai pada pukul 10.00 WIB. Pemateri sudah memberi target bahwa dihari pertama dan kedua untuk menghitung estimasi volume batubara dalam penentuan stripping ratio, dan target itu tercapai dihari pertama. Acara workshop pada hari pertama berjalan lancar.
 
Hari kedua acara dimulai pada pukul 09.00 s/d 16.00 WIB terlambat 1 jam dari waktu yang sudah dijadwalkan dikarenakan pemateri datang tidak tepat waktu karena suatu hal. Sambil menunggu pemateri datang, acara tersebut dimulai oleh asisten pemateri dengan mereview materi yang kemarin telah dijelaskan dengan harapan bagi mahasiswa/i yang tertinggal dapat mengajukan pertanyaan dan menyelesaikan nya. Setelah pemateri datang, acara dilanjutkan dengan pembuatan sump, hauling road, hauling road memotong gunung, dan ramp. Target tersebut terselesaikan pada pukul 15.30 WIB dan dilanjut dengan acara penutup yaitu pemberian Sertifikat serta Plakat kepada pemateri oleh ketua pelaksana, dan dilanjut dengan foto bersama.







Hari ketiga acara dimulai pada pukul 08.00 s/d 17.00 WIB selesainya acara tersebut melewati 1 jam dari jadwal yang telah ditentukan dikarenkan banyak nya penanya dan kemampuan software yang bekerja pada masing masing laptop berbeda-beda sehingga masih harus menunggu satu sama lain untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Acara pada hari ini dilanjutkan oleh pemateri Rendy Adrista Farrand S.T mengenai optimalisasi nilai faktor keamanan pada lereng dengan material lepas dan material batuan kemudian target tersebut tercapai.

Hari keempat acara dimulai pada pukul 10.00 s/d 16.00 WIB terlambat 2 jam dari jadwal yang telah ditentukan dikarenakan pemateri yang terlambat hadir. Acara tersebut dipandu oleh Muhammad Zulfikar Rachmansyah kemudian dimulai dengan pembuatan geometri melalui aplikasi Autocad. Pada pukul 11.30 hingga 13.00 WIB acara dijeda untuk ishoma. Pada pukul 13.00 WIB  langsung melanjutkan demo software yang sebelumya, pemateri memberikan arahan kepada seluruh peserta jika target di hari keempat ini dengan mendapatkan Faktor keamanan suatu lereng. Target tersebut terselesaikan pada pukul 15.00 WIB dan dilanjut dengan acara penutup yaitu pemberian Sertifikat serta Plakat kepada pemateri oleh ketua pelaksana, dan dilanjut dengan foto bersama.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar